Trigeminal Neuralgia (Nyeri Saraf Wajah)

Neuralgia Trigeminal menyebabkan nyeri wajah. Trigeminal neuralgia berkembang di pertengahan hingga akhir hidup. Kondisi ini paling sering terjadi pada semua gangguan nyeri saraf. Rasa sakit, yang datang dan pergi, terasa seperti semburan tajam, tikaman, kejutan listrik. Rasa sakit ini bisa berlangsung dari beberapa detik hingga beberapa menit.

Orang dengan neuralgia trigeminal menjadi terganggu oleh nyeri hebat intermiten yang mengganggu aktivitas sehari-hari seperti makan dan tidur. Mereka hidup dalam ketakutan akan serangan menyakitkan yang tak terduga, yang menyebabkan kurang tidur dan kurang tidur. Kondisi ini dapat menyebabkan iritabilitas, kecemasan dan depresi antisipatoris, dan malnutrisi yang mengancam jiwa. Depresi bunuh diri tidak jarang terjadi.

Orang sering menyebut trigeminal neuralgia "tic douloureux" karena kejang otot khas yang menyertai rasa sakit.

    Rasa sakit berasal dari satu atau lebih cabang dari saraf trigeminal - pembawa utama informasi sensoris dari wajah ke otak.
        Ada 3 cabang saraf trigeminal: ophthalmic, maxillary, dan mandibular. Nyeri trigeminal neuralgia terjadi hampir secara eksklusif di divisi rahang atas dan mandibula.
        Anda paling sering merasakan nyeri di saraf maksilaris, yang membentang di sepanjang tulang pipi Anda, sebagian besar hidung, bibir atas, dan gigi atas. Berikutnya yang paling sering terkena adalah saraf mandibula, mempengaruhi pipi bawah Anda, bibir bawah, dan rahang.
    Dalam hampir semua kasus, rasa sakit akan terbatas pada satu sisi wajah Anda.
    Sebagian besar waktu, dokter tidak dapat mengidentifikasi penyakit saraf trigeminal atau sistem saraf pusat.
    Neuralgia trigeminal paling sering menyerang wanita yang lebih tua dari 50 tahun. Penyakit ini jarang terjadi pada mereka yang lebih muda dari 30 tahun. Kasus-kasus seperti itu biasanya terkait dengan kerusakan dari penyakit sistem saraf pusat, misalnya, multiple sclerosis.

Kapan Saya Harus Menghubungi Dokter Tentang Neuralgia Trigeminal?

Hubungi dokter Anda ketika Anda mulai memiliki rasa sakit ini.

    Sangat penting Anda menemui dokter yang akrab dengan perawatan pasien dengan neuralgia trigeminal sejak dini untuk membantu mencegah perkembangan komplikasi yang lebih parah.
    Sangat penting untuk bekerja dengan dokter Anda karena dengan terapi obat yang tepat, trigeminal neuralgia hampir selalu dapat dikendalikan.

Segera cari pertolongan medis atau pergi ke Bagian Gawat Darurat rumah sakit dalam situasi berikut:

    Ketika obat Anda saat ini tidak mengontrol rasa sakit dan Anda perlu bantuan segera
    Ketika rasa sakit Anda mencegah makan dan minum dan menempatkan Anda pada risiko malnutrisi atau dehidrasi
    Ketika Anda mengalami efek samping yang mendalam dari obat Anda seperti kantuk yang parah, sedasi, mual, atau muntah
    Ketika seorang dokter menyarankan Anda untuk mencari evaluasi dan perawatan untuk masalah-masalah ini

No comments:

Post a Comment