Kondisi Klinis Terkait dengan Tremik Ditingkatkan, Psikogenik, dan Obat-Diinduksi

Tremor Fisiologis Ditingkatkan

Ini adalah tremor aksi yang mirip dengan tremor esensial, paling baik dilihat ketika tangan direntangkan dan jari-jari terbuka. Hal ini terlihat dalam kaitannya dengan kecemasan yang intens dan dalam situasi stres. Ini juga dapat dikaitkan dengan keadaan penyakit tertentu seperti hipertiroidisme dan hipoglikemia; dalam sindrom penarikan (alkohol atau sedatif penarikan misalnya); dan terkait dengan obat-obatan [kopi, teh, lithium (Eskalith, Lithobid)].

Tremor Psikogenik

Getaran psikogenik sangat kompleks dan tidak cocok dengan salah satu kategorisasi sebelumnya. Individu dengan Tremor Psikogenik mungkin menunjukkan karakteristik tindakan serta tremor istirahat, dengan fitur klinis yang berubah dalam waktu singkat dan dengan tingkat kecacatan yang tidak sebanding dengan tremor. Onset tremor mungkin sangat akut dan tidak berhubungan dengan kondisi medis lain yang didiagnosis. Dalam beberapa kasus, tremor mungkin disebabkan oleh sugesti. Beberapa pasien memiliki riwayat somatisasi sebelumnya (mengungkapkan tekanan psikologis dalam hal gejala fisik). Dalam beberapa kasus, ada beberapa keuntungan sekunder terkait atau perilaku mencari perhatian yang terkait dengan tremor.

Ini adalah diagnosis yang sangat menantang. Jika kondisi emosional yang mendasari didiagnosis pasien harus dirujuk ke psikolog atau psikiater.

Tremor yang diinduksi obat

Penggunaan banyak obat dan juga racun dapat menyebabkan tremor. Banyak dari obat-obatan ini diindikasikan untuk perawatan kondisi medis. Dalam banyak kasus, tremor adalah efek samping yang tidak diinginkan yang dapat dikendalikan hanya dengan mengurangi obat-obatan. Dalam kasus lain, obat-obatan harus dihentikan. Dalam kasus tremor akibat paparan racun, individu harus dikeluarkan dari sumber racun. Selain itu, beberapa perawatan khusus tersedia.

Jenis tremor yang diinduksi obat yang paling umum adalah tremor fisiologis yang meningkat dan terkait dengan penggunaan obat-obatan seperti stimulan, steroid, antidepresan, dan kafein. Tremor Parkinsonian juga sering dilihat sebagai tremor yang diinduksi obat pada pasien yang menggunakan beberapa jenis obat tertentu.

Berikut ini adalah daftar obat dan racun yang dapat menyebabkan tremor pada individu yang sehat:

    asam valproik / natrium divalproex (Depakene / Depakote)
    Banyak antidepresan, khususnya tricyclics [misalnya, amitriptyline (Endep, Elavil), imipramine (Tofranil)
    lithium (Eskalith, Lithobid)
    Neuroleptik: fenotiazin; butyrophenones
    Kokain
    Beta-agonis
    dopamin
    theophylline (Theo-Dur, Respbid, Slo-Bid, Theo-24, Theolair, Uniphyl, Slo-Phyllin)
    Amfetamin
    methylphenidate (Ritalin, Ritalin SR, Ritalin LA)
    Hormon tiroid
    Cukup sering terlihat pada reaksi penarikan
    Kafein
    Nikotin
    Keracunan timbal
    Keracunan alkohol
    Keracunan arsenik

No comments:

Post a Comment