Perawatan Tremor

Ada beberapa pilihan yang tersedia untuk perawatan tremor. Ini termasuk perawatan medis dan bedah. Dalam beberapa kasus, penurunan atau penghentian obat mungkin cukup, sementara dalam kasus lain perawatan hormon yang lebih kompleks mungkin diperlukan. Dalam hal apapun pemilihan perawatan yang paling tepat tergantung pada penyebab tremor dan harus dilakukan oleh dokter yang ahli dalam diagnosis dan perawatan kondisi ini.

Perawatan Medis terhadap Tremor Esensial

Beberapa obat berguna dalam ameliorasi tremor, dan dengan pengecualian pada tremor ringan, mereka tidak menghasilkan penekanan penuh pada tremor. Meskipun obat-obat ini memiliki beberapa efek samping, keuntungan dari penurunan intensitas tremor, dalam kasus yang parah, mengatasi kerugian karena efek samping yang potensial.

Alkohol (etanol) dapat menurunkan intensitas tremor. Banyak orang mengakui bahwa meminum alkohol sebelum makan sangat membantu. Efek samping utama terkait dengan potensi risiko kecanduan alkohol, dan karena alasan inilah teknik yang akan didukung oleh beberapa praktisi. Juga, ketika efek etanol luntur, tremor kembali dan bahkan mungkin lebih intens.

Salah satu obat yang paling efektif untuk tremor esensial adalah propranolol (Inderal, Inderal LA), yang juga merupakan alkohol tetapi tanpa efek tambahan. Ada persiapan pelepasan berkelanjutan yang memperpanjang efek obat selama beberapa jam. Efek samping propranolol adalah bronkospasme (ini tidak dapat digunakan pada orang dengan asma), mengantuk, dan impotensi, antara lain. Ada obat lain dalam keluarga ini seperti metoprolol (Lopressor, Toprol XL) dan nadolol (Corgard) yang mungkin memiliki lebih sedikit efek samping tetapi tidak efektif.

Primidone (Mysoline) obat yang pertama kali digunakan sebagai obat antiepilepsi, juga berguna dan diindikasikan ketika propranolol tidak efektif. Obat antikonvulsi lain [gabapentin (Neurontin, Gabarone), topiramate (Topamax)] telah dicoba tetapi tidak dianggap sebagai pengobatan lini pertama.

Dalam kasus ekstrim tremor esensial, toksin botulinum mungkin diindikasikan. Namun, perawatan ini dikaitkan dengan kelemahan, dan efeknya bersifat sementara. Perawatan ini dapat dipertimbangkan untuk kasus yang paling parah ketika propranolol atau primidone gagal untuk menghilangkan gejala.

Pada beberapa individu, kebanyakan dengan tremor ringan, penggunaan gelang dengan beban di dalamnya mungkin membantu mengurangi besarnya osilasi. Perangkat ini dapat berguna saat makan atau minum.

No comments:

Post a Comment